PMI UIN Salatiga Luncurkan Kegiatan Pemetaan Digital di Semarang

Pada tahun 2021 kegiatan pemetaan Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah UIN Salatiga mengalami perkembangan. Hal ini terlihat pada tahun ini Prodi PMI telah mengadakan tiga kali kegiatan pemetaan di wilayah semarang. Tepatnya di wilayah Desa Tlogo, Desa Candirejo dan Desa Watuagung Kecamatan Tuntang. Kegiatan pemetaan ini menggunakan aplikasi Quantum Geographic Information System (Q-GIS).

Kegiatan pemetaan ini bekerja sama dengan pemerintah desa setempat. Para perangkat desa melakukan pendataan di lapangan bersama mahasiswa PMI dengan aplikasi QField. Mereka secara bersama melakukan sensus warga tentang kependudukan, kemiskinan dan rumah layak huni. Selain itu, Data-data tersebut nantinya diinput dan disajikan secara visual dalam bentuk peta. Pembacaan melalui peta akan mempermudah masyarakat dalam memahami kondisi wilayahnya sendiri.

Selesai kegiatan, pemerintah desa diberikan dampingan agar bisa menjadi operator dalam mempresentasikan hasil pemetaan untuk dapat diakses masyarakat setempat. Hal ini dimaksudkan agar program yang telah digulirkan dapat berkelanjutan meskipun kegiatan pendampingan telah selesai dilakukan. Adapun hasilnya menjadi salah satu referensi utama bagi pemerintah desa dalam merencanakan dan melaksanakan program pembangunan dan pemberdayaan agar tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat.