HMPS PMI Adakan Penyuluhan Sertifikasi Produk Halal

HMPS PMI 2023 UIN Salatiga mengadakan acara Penyuluhan Sertifikasi Produk Halal yang mengusung tema “Tingkatkan Nilai Perekonomian UMKM dengan Sertifikasi Produk Halal“. Dalam acara tersebut yang merupakan bagian dari salah satu program kerja Divisi Kesejahteraan Sosial HMPS PMI yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya sertifikasi produk halal, dimana hal itu dirasa sangat penting.

      Penyuluhan ini bertempat di ruang seminar gedung K.H. Hasyim Asy’ari tepatnya di kampus 3 UIN Salatiga( 13/06/23 ). Peserta yang berpartisipasi dalam acara ini tak hanya dari lingkup PMI, namun juga dari program studi lain bahkan program studi diluar fakultas dakwah. Menariknya, saudara PMI dari UIN Walisongo juga ikut berpartisipasi dan memeriahkan acara yang bertajuk Penyuluhan Sertifikasi Produk Halal tersebut. Lebih dari itu, perwakilan dari Sema, Dema, HMPS KPI, PI, dan MD juga ikut menghadiri acara penyuluhan ini.

     Terdapat dua pemateri yang telah membantu mensukseskan acara tersebut. Keduanya ialah Bapak Iskandar, M. Si. dari Halal Center UIN Salatiga dan juga Bapak Ahmad Ulil Albab, S. Tp. yang merupakan Direktur LPH Zamzami Magelang.  Sebelum pemaparan materi dari kedua pemateri tersebut telah lebih dahulu diisi sambutan-sambutan dari Ketua Panitia An’im Tazkiya, Ketua HMPS PMI Sabila Himatul dan juga Ibu Dra. Sri Suparwi, M.A. selaku Kaprodi Pengembangan Masyarakat Islam.

Pemateri pertama Bapak Iskandar, M. Si. Beliau berpesan agar kita menjadi mahasiswa yang anti mainstream bukan mahasiswa yang biasa-biasa saja, karena untuk menuju kesuksesan terkadang perlu untuk kita menjadi mahasiswa yang anti mainstream. Sementara itu, Pemateri kedua juga ikut memberikan quote yang isinya “makanlah makanan yang baik dan halal”.

    Setelah masing-masing pemateri memaparkan materinya, terbukalah sesi tanya jawab dimana para audiens sangat antusias sekali untuk bertanya mengenai sertifikasi produk halal. Dan yang menarik lagi dari acara ini yaitu adanya dorprize yang dibagikan oleh panitia penyuluhan ini dan juga dari pemateri yang tanpa disangka beliau memberi dorprize kepada para peserta yang sudah bertanya. Setelah sesi tanya-jawab selesai di lanjut acara penutup dan disambung foto bersama.