PMI PPL di SPPQT: Belajar Advokasi dan Pemberdayaan Petani

Program studi Pengembangan Masyarakat Islam dari Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga, melakukan penyerahan mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) atau biasa disebut magang di Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah (SPPQT) yang berlokasi di Jalan Ja’far Soddiq Kalibening, Tingkir, Salatiga (26 Juni 2023).

Penyerahan dihadiri oleh 5 mahasiswa PPL UIN Salatiga dan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Saipulah Hasan, M.A. Adapun dosen berperan sebagai pendamping dan mahasiswa sebagai pelaku aktif dalam melibatkan diri dalam setiap kegiatan sesuai minat dan kompetensinya.

Penyerahan dibuka oleh ketua kelompok PPL di SPPQT, Ernanda Ariq Prasetyo. Kemudian sambutan dan pengantar disampaikan oleh DPL Saipullah Hasan dan sambutan dari perwakilan SPPQT, Endang selaku Sekretaris SPPQT Kota Salatiga.

Sambutan singkat dari Endang menyampaikan mengenai kegiatan-kegiatan sementara yang akan dilaksanakan di SPPQT, advokasi dan pemberdayaan petani, sosialisasi dan penyuluhan paguyuban pertanian, workshop kewirausahaan dan mendata ulang aset yang dimiliki oleh SPPQT Kota Salatiga.

Devisi yang ada di SPPQT, diantaranya Divisi Kesekretariatan, Divisi Kelembagaan dan Divisi Pemberdayaan Perempuan dan Anak, “di SPPQT mahasiswa tidak hanya belajar tehnik pertanian melainkan juga pendampingan perempuan dan advokasi tentang ketidakadilan yang dialami masyarakat”. tutur Endang.