Praktikum Penanganan Napza: Menjadi Pekerja Sosial Adiksi di LSM IPWL YCKB Ungaran

Mata kuliah Prodi PMI Pencegahan, Penanganan dan Penanggulangan NAPZA dilakukan di Institusi Penerima Wajib Lapor Yayasan Cinta Kasih Bangsa (IPWL YCKB) Ungaran. Mata kuliah ini diampu oleh Ahmad Kharis, M.A dengan memberikan tugas praktikum di LSM tersebut.

Mahasiswa PMI belajar tentang bagaimana upaya penanganan maupun rehabilitasi KPN (korban penyalahgunaan narkoba). Adapun tahapan yang dilakukan sesuai dengan prosedural yaitu melapor ke Polda dan BNN Jawa Tengah kemudian melakukan rehabilitasi rawat jalan di masing-masing LSM kerja sama.

Co-Pendamping Ibu Sri Retno menyampaikan “KPN melakukan rehabilitasi secara bertahap melalui tes urine dan assessment awal kemudian tindakan rawat jalan serta diberikan konseling secara masif. “Setelah 1 semester 3 bulan maka dilakukan pemutusan hubungan dengan klien atau terminasi”, ujarnya.

Selanjutnya, berkesempatan pula adanya kunjungan dan patroli dari Humas Polres Ungaran ke IPWL YCKB Ungaran guna menyampaikan pencegahan peredaran narkoba melalui selebaran brosur bertujuan untuk edukasi kepada masyarakat dan wajib lapor kepada pihak berwajib seperti IPWL. “Upaya kolaborasi antara masyarakat,  LSM dan Polres Ungaran mampu menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial yaitu peredaran narkoba dan penanganan rehabilitasi KPN sehingga NKRI bersih dari Narkoba” imbuhnya.