Mahasiswa PMI PPL di Dinas Sosial Jateng

Mahasiswa PMI UIN melaksanakan praktik pengalaman lapangan atau biasa disebut magang Di Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam dari Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga melakukan praktikum pengalaman lapangan (PPL) atau magang di Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah berlokasi di Jalan Pahlawan No.12 Semarang (27/06/2023)

Implementasi PPL dilakukan oleh 4 mahasiswa dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Alfi Qonita, M.Si. amanat yang disampaikan oleh DPL “Tetap jaga kekompakan selama PPL, saling membantu satu sama lain dan menjaga nama baik almamater UIN Salatiga”, ungkapnya.

Mata Kuliah PPL berbobot 4 sks dilakukan di Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dengan implementasi 4 sub bidang yaitu Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (yanresos), Perlindungan dan Jaminan Sosial (linjamsos), Penanganan Fakir Miskin (pfm) dan pemberdayaan sosial (dayasos).

Mahasiswa PMI implementasi teori yang dipelajari di bangku perkuliahan berkaitan dengan kesejahteraan sosial dan kewirausahaan islam selaras dengan tugas pokok dan fungsi dari masing-masing sub bidang di Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Adapun ketua kelompok Ahmad Rozaq menyampaikan “Pembagian tugas menurut sub bidang yanresos, linjamsos, pfm dan dayasos agar laporan kelompok dapat beragam serta mampu menambah keilmuan di prodi PMI”, tuturnya.

Selanjutnya, Angelia Znoekhor dan Dian selaku Pamong dari bagian UMPEG bidang umum dan pengembangan menyambut baik peserta PPL dan dipersilahkan untuk menghadap kepada Bapak Wahyu selaku pimpinan. Untuk kegiatan hari pertama melakukan apel senin pagi dan pamong mengantar kepada masing-masing sub bidang dengan tujuan perkenalan serta adaptasi disebut juga orientasi (26/06/2023)