Pemberdayaan Melalui Pengembangan Greenhouse Desa Blederan

Mahasiswa Prodi PMI melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat tentang pengembangan greenhouse di Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Mahasiswa PMI melakukan pendampingan terhadap komunitas ibu-ibu sebagai pelaku utama dalam usaha pengembangan greenhouse. Kegiatan pemberdayaan ini dilakukan selama 2 bulan.

Dalam pelaksanaannya, PMI didampingi oleh dosen pendamping lapangan (DPL) dan fasilitator dari Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) sebagai pengarah kegiatan. Dengan kata lain, Prodi PMI menjalin kerja sama dengan pihak LPTP. Mahasiwa PMI melibatkan diri secara aktif mulai tahap Persiapan lahan dan media tanam, pembibitan, penyemaian, penanaman, panen hingga pemasaran.

Adapun metode pemberdayaan dalam pelaksanaan program pengembangan greenhouse adalah menggunakan Partisipatory Action Research (PAR). Metode ini dianggap relevan dalam menjawab permasalahan dan kebutuhan masyarakat. Ini untuk mewujudkan ketahanan pangan masyarakat secara mandiri tanpa harus bergantung dengan pasokan bahan pakan terutama sayur dari pihak luar.