Sinergitas PMI IAIN Salatiga: Hasilkan Sistem Informasi Desa

Mahasiswa PMI IAIN Salatiga mengadakan kegiatan pendataan spasial di Desa Kaliboto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Hal ini merupakan kewajiban pemerintah desa dalam mewujudkan system informasi desa. Pendataan ini melibatkan partisipasi mahasiswa dari berbagai kampus yang waktu itu sedang mengadakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

 Mereka berasal dari kampus UIN KH Achmad Siddiq Jember, UIN Raden Mas Said Surakarta, Universitas STMIK AUB Surakarta dan UNISRI Surakarta. Tim pemetaan yang terdiri dari mahasiswa ini, bergerak bersama melakukan pendataan yang memuat tentang data keluarga, sanitasi, kepemilikan usaha, pengeluaran rumah tangga dan pemilahan sampah.

Kegiatan pendataan ini berbasis aplikasi Q-GIS merupakan metode cepat dalam memahami kondisi wilayah, permasalahan dan potensi desa. Melalui aplikasi ini, mahasiswa KKN akan lebih cepat memahami kondisi masyarakat sehingga mudah bagi mahasiswa untuk beradaptasi dan menentukan program pemberdayaan masyarakat.

Hasil pendataan itu kemudian diinput dalam aplikasi Q-GIS yang sajiannya berupa peta visual. Pendataan ini dapat membantu banyak pihak terutama pemerintah desa dan masyarakat untuk membuat rekomendasi program pemberdayaan.

Dari hasil pendataan, ditemukan salah satu permasalahan tentang besarnya pengeluaran kebutuhan sayur warga. Ini bertolakbelakang denganĀ  kondisi tanah warga yang subur dan banyak terrdapat lahan kosong. Dengan demikian, program yang diusulkan kepada pemerintah desa dan masyarakat adalah budidaya sayur dalam membangun ketahangan pangan keluarga.