Melatih Kepekaan Sosial Melalui Pelayanan Kesejahteraan Sosial

Demi meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa program studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) UIN Salatiga mengadakan praktek implementasi kesejahteraan social. Kegiatan tersebut diikuti mahasiswa PMI Angkatan 2019 yang mengampu mata kuliah Kebijakan Kesejahteraan Sosial. Agenda ini telah menjadi agenda rutin yang dilakukan mahasiswa PMI dari tahun ke tahun. Untuk tahun ini kegiatan implementasi kesejateraan social dilakukan pada bulan Desember 2020 di dua panti asuhan yang ada di kota Salatiga. Panti asuhan tersebut yakni LKSA Panti Asuhan Abu Hurairah Muhammadiyah Salatiga dan Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) Woro Wiloso Salatiga.

Adapun susunan agenda yang pertama yaitu sambutan dari pihak panti asuhan dan dosen UIN Salatiga, Dalam sambutannya Dr. Budi Sunarso selaku dosen pengampu mata kuliah Kesejahteraan Sosial menyampaikan bahwa dengan adanya praktek implementasi kesejahteraan diharapkan mahasiswa PMI UIN Salatiga tingkat rasa kepekaannya akan semakin bertambah. Hal ini menjadi modal social yang berguna untuk mahasiswa PMI yang dalam kuliahnya banyak mengampu mata kuliah social.

Selanjutnya pemberian bantuan secara simbolis dari mahasiswa kepada pihak panti asuhan. Pemberian bantuan dilakukan sebagai bahan belajar mahasiswa untuk memiliki rasa kepedualian terhadap sesama.  Lalu kegiatan selanjutnya adalah ramah tamah dan menonton film inspiratif. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak yang ada di panti asuhan memiliki semangat dan optimisme yang tinggi untuk meraih apa yang mereka cita-citakan. Dan yang terkahir adalah sesi foto bersama adik-adik panti asuhan.