PPL di LPTP Desa Binaan Wonosobo LPTP

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN Salatiga, tidak terkecuali mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam. Tujuan diadakannya program ini adalah untuk membekali mahasiswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga nantinya mahasiswa memiliki kompetensi dan tanggung jawab yang dibutuhkan di masa mendatang. Selain itu, kegiatan ini menjadi syarat bagi mahasiswa untuk meraih gelar Strata 1 (S1).

Pada Jumat (7/07) kelompok mahasiswa PPL dengan jumlah 6 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing lapangan mengunjungi Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Wonosobo dalam rangka silaturahmi dan penyerahan mahasiswa PPL. Adapun mahasiswa PPL akan melaksanakan kegiatannya kurang lebih selama 2 bulan. Kegiatan diawali dengan pengenalan mahasiswa PPL kepada jajaran petugas LPTP Wonosobo, selanjutnya dilakukan penyerahan mahasiswa dari dosen pembimbing yaitu Bapak Muhammad Fahrudin Yusuf, M.A kepada Bapak Wawan selaku koordinator LPTP Wonosobo di ruang pertemuan.

Setelah melaksanakan kegiatan penyerahan, para mahasiswa nantinya akan mengikuti setiap program yang di terapkan oleh pihak LPTP Wonosobo. Setidaknya terdapat 4 sektor yang menjadi fokus dari LPTP Wonosobo yaitu sektor pertanian, sanitasi, konservasi tanah dan air, serta industri rumah tangga.

Kerja sama dan komunikasi yang baik diperlukan agar tujuan dari pelaksanaan PPL dapat tercapai dengan maksimal. Setiap mahasiswa harus menyatukan tekad untuk mensukseskan program yang akan diimplementasikan.